Maraknya Galian C Ilegal di Boyolali Meresahkan Banyak Pihak. Hentikan…!!!

  •  
  •  
  •  
  • 1
  •  
  •  
  •  
  •   
  •   
  •  
  •  
    1
    Share

JournalPolice.com-BOYOLALI; Puluhan Tambang Galian C Ilegal di Boyolali Meresahkan Banyak pihak, Salah satunya adalah Tambang galian golongan C ilegal tepatnya di Dukuh Segerok Rt.10/02 Desa Pusporenggo Kecamatan Musuk, Kab.Boyolali Jawa Tengah, sangat meresahkan warga dibuktikan dengan penolakan warga yang tiada pernah mendapatkan perhatian dari pemerintah akan tetapi pelaku usaha tetap memaksakan kehendaknya untuk terus melakukan kegiatan tersebut walaupun telah mendapat teguran dari aparat desa dan warga sekitar karena tidak memiliki Izin Usaha Pertambangan (IUP) dan telah melanggar pasal 158 UU Nomor 4 tahun 2009 tentang Pertambangan,Mineral dan batu bara.

Salah seorang warga menjelaskan; Lokasi tambang dekat dengan pemukiman warga, di pinggir kali dukuh segerok, desa Kami bisa hancur lebur apabila penambang liar di biarkan merajalela, pasalnya merusak tata kelola lingkungan sekitar, sementara oknum polisi dan oknum pejabat hanya diam terkait galian C di duga tanpa ijin di Desa Pusporenggo Kecamatan Musuk, Kab.Boyolali, Galian C yang tak berizin di desa kami meresahkan masyarakat karena merusak tata kelola lingkungan, Ujar salah seorang warga saat di temui Tim Investigasi dan Monitoring PUKADHALI (Pusat Kajian Demokrasi, Hukum, Hak Asasi dan Lingkungan Hidup) dalam investigasi ke lokasi penambangan ilegal di Kabupaten Boyolali.

Agus Zus, Koordinator Tim Investigasi dan Monitoring PUKADHALI (Pusat Kajian Demokrasi, Hukum, Hak Asasi dan Lingkungan Hidup) memaparkan kepada awak media: Banyak modus yang dipakai para pelaku usaha galian C ilegal, Mulai dari Penataan Lahan, Proyek Pemerintah, DLL tapi data falid di lapangan semua di perjual belikan, maka akan kami serius menindak lanjuti laporan ini.

Operator penggali dan penerima hasil galian diancam dengan hukuman pidana maksimal 10 tahun dan denda Rp 10 Milyar, eksplorasi galian C tersebut melanggar tindak pidana lingkungan hidup. Bahkan melanggar dua UU sekaligus. Masing-masing UU nomor 4 tahun 2009 tentang pertambangan mineral dan batubara (Minerba) serta UU nomor 32 tahun 2009 tentang Perlindungan Pengelolaan Lingkungan Hidup, Pihaknya akan segera menindaklanjuti dengan melaporkan temuan Tambang ilegal ini ke pihak yang berwajib, kebutuhan di Jateng memang cukup besar, bukan menjadi alasan bebas menambang. Regulasi harus dipatuhi agar tidak melanggar undang-undang. Tegas Agus Zus Koordinator Tim Investigasi dan Monitoring PUKADHALI (Pusat Kajian Demokrasi, Hukum, Hak Asasi dan Lingkungan Hidup) Jawa Tengah.

“Ya kami dari PUKADHALI (Pusat Kajian Demokrasi, Hukum, Hak Asasi dan Lingkungan Hidup) akan menindak lanjuti dan segera berkoordinasi dengan aparat yang berwenang, target kami semua aktifitas pertambangan liar di BOYOLALI harus di hentikan, karena lebih banyak buruk nya daripada manfaatnya, ilegal pasti tidak ada pajak pemasukan buat pemerintah, warga dan masyarakat sekitar dirugikan, dan potensi merusak lingkungan itu pasti. DLL. Tegas Agus Zus.

Walapun warga resah akan aktivitas penambangan, namun rata-rata masyarakat setempat belum bisa menjawab teka-teki di balik aktivitas meresahkan di kawasan mereka tersebut. Seperti yang diketahui, kegiatan illegal mining diancam pidana penjara paling lama 10 (sepuluh) tahun dan denda paling banyak Rp. 10.000.000.000,- (sepuluh miliar) karena melanggar pasal 161 UU No. 4 dan UU Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengolahan Lingkungan Hidup yang dinilai diabaikan oleh para pelaku usaha penambangan ilegal.

Info di lapangan galian C ilegal di Desa Pusporenggo Kecamatan Musuk, Kab.Boyolali Jawa Tengah, Kepala Desa Pusporenggo Muktiono membenarkan terkait aktivitas penambangan galian C di desanya, bahkan warga juga sudah melaporkan terkait aktifitas tersebut, Kepala Desa mengatakan kalau aparat desa tidak bisa berbuat apa apa, dan info di lapangan galian tersebut di perjual belikan, ini artinya semua pelaku usaha baik yg melakukan penambangan ilegal ataupun yang menerima hasil penambangan ilegal sama sama melanggar undang undang. (Bersambung)

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Maraknya Galian C Ilegal di Boyolali Meresahkan Banyak Pihak. Hentikan…!!!"